Asisten I Setda Kota Langsa buka acara Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas di Kota Langsa.

Langsa,(Prokopim)- Pemerintah Kota Langsa melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Langsa mengadakan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan tentang Organisasi Kemasyarakatan tahun 2021, yang berlangsung di Gedung Vitra Tirta Raya Langsa, Jum’at (9/3/2021).

Selain Asisten I Pemerintah Kota Langsa,Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) I Kota Langsa, Kepala Kesbangpol Kota Langsa, serta 110 peserta sosialisasi yang terdiri dari Ormas yang terdaftar di Kota Langsa.

Berdasarkan laporan Ketua Pelaksana Sri Vera Wati, SH mengatakan, sosialisasi ini di laksanakan untuk meningkatkan kemandirian Ormas sebagai mitra pemerintahan Kota Langsa juga untuk menambah wawasan tentang peraturan organisasi kemasyarakatan yang ada, juga upaya dalam melakukan pembinaan atas tujuan dan fungsi didirikannya Ormas.

Walikota Langsa yang di wakili Asisten I Setda Kota Langsa,  Suriyatno, AP., MSP dalam sambutannya sekaligus membuka acara, menyampaikan Selamat dan Sukses atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Ormas di Kota Langsa. Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan di Kota Langsa ini tentunya bertujuan untuk penyatuan pemahaman persepsi dan mampu meningkatkan sinergitas Ormas dan Pemerintah dalam pembangunan.

“Terlebih, untuk menghadapi tahun politik diharapkan Organisasi masyarakat (Ormas) bisa menempatkan diri sebagai panutan atau contoh baik masyarakat untuk tidak terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan parpol tertentu,” ungkap Suriyatno.

 

(Asisten I Setda Kota Langsa, Suriyatno, AP, MSP saat menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan tentang Organisasi Kemasyarakatan tahun 2021, yang berlangsung di Gedung Vitra Tirta Raya Langsa, Jum’at (9/3/2021).

 

Maka oleh itu, Suriyatno mengajak para peserta sosialisasi untuk membangun kemitraan dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah Daerah dengan organisasi kemasyarakatan yang ada, guna mengisi pembangunan dan menciptakan suasana yang aman nyaman dan damai di Kota Langsa.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan, sebagai masukan bagi peserta sosialisasi tentang peran fungsi dan tujuan akuntabilitas Ormas, serta penanganan dan pengawasan Ormas yang ada di Kota Langsa. Saya juga berharap sosialisasi ini dapat diimplementasikan dalam berbagai program dan kegiatan pada OPD masing-masing. Dengan begitu peranan ormas dalam kehidupan masyarakat dapat menyokong dalam pembangunan di Kota Langsa,” tutupnya.

Adapun arasumber dalam sosialisasi ini yakni terdiri dari unsur Tokoh Pemuda Zulfan, S.H, M.H, Kepala Bidang Ketahanan Sosial Budaya dan Ormas Kesbangpol Aceh Musmulyadi, Serta praktisi Hukum Dr. Fuadi, S.H, M.H dengan metode sosialisasi berupa paparan dan dialog, tanya jawab.
Acara ditutup dengan pembentukan forum komunikasi Ormas, penjelasan SOP FK Ormas, pemilihan Ketua FK Ormas dan Deklarasi pembentukan FK Ormas yang dihadiri oleh 110 Ormas.(*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan