Sekda Langsa Tandatangani MoU Tentang SPBE dan Pengembangan Smart City antara Pemko Langsa dan Diskominfo & Persandian Aceh

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Aceh menggelar Forum Group Discussion (FGD) dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Pengembangan Smart City antara Pemerintah Kota Langsa dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh yang berlangsung di Hotel Harmoni Langsa, Selasa (30/3/2021)

Sekda Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kota Langsa mengucapkan Terima Kasih kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh yang telah memilih Kota Langsa dan melakukan pendampingan dalam Penyusunan Rencana Induk Smart City, yang dalam hal ini diperlukan sebagai Blue Print penyusunan Kota Langsa menjadi Smart City.

Kegiatan ini, menurut Sekda tidak terlepas dari implementasi Qanun Kota Langsa Nomor 6 Tahun 2018 tentang RPJMD Kota Langsa Tahun 2017-2022. Salah satu Visi Kota Langsa yaitu Langsa Kota Jasa Yang Berperadaban dan Islami, bermakna sebagai kota yang menginginkan adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Kemudian salah satu Misi yang merupakan penjabaran dari Visi yaitu Melanjutkan penataan birokrasi pemerintahan, sinkronisasi dan harmonisasi kerjasama pembangunan yang lebih resposif, efektif dan efesien, transparan serta akuntabel yang berbasiskan smart city dalam rangka mendukung pelaksanaan e-government. Pelaksanaan penerapan Konsep Smart City hari ini juga tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Aceh, khususnya Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Yaitu Launching Program Smart City Kota Langsa pada bulan Oktober 2018, yang dihadiri oleh Kadis. Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh kemudian Pelaksanaan FGD Penerapan Konsep Smart City Wilayah Timur Se-Aceh yang dilaksanakan di Langsa pada bulan Maret 2019 dan Penanda tanganan MoU, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan pengembangan Kota Langsa dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, yang akan dilaksanakan pada hari ini.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Konsep Smart City terdiri dari 6 dimensi, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, dan Smart Environment. Satu hal yang harus kita pahami bersama dalam melaksanakan konsep Smart City, yaitu pengembangan Smart City bukan dengan menjadikan IT dan solusi teknologi sebagai tujuan akhir, namun hendaknya fokus pada Inovasi dan terobosan-terobosan untuk menyelesaikan masalah prioritas serta mengembangkan sektor unggulan daerah, sehingga diharapkan pengembangan smart city akan menghasilkan smart people (SDM yang cerdas) dan smart society (Masyarakat yang cerdas).

“Salah satu rekomendasi kegiatan tersebut adalah meminta kepada Dinas Kominfo dan Persandian Aceh untuk dapat membantu menyusun dokumen Rencana Induk Smart City Kab/ Kota se-Aceh” tutup Said Mahdum.

Sekda Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid didampingi Plt.Kadis Kominfo dan Persandian Kota Langsa, M.Husin, S.Sos, MM saat penandatangan MoU Tentang SPBE dan Pengembangan Smart City antara Pemko Langsa dengan Kepala Diskominfo & Persandian Aceh, Marwan Nusuf, B.HSc di Aula Hotel Harmoni Langsa, Selasa (30/3/2021).

Acara dilanjutkan dengan penandatangan MoU Tentang SPBE dan Pengembangan Smart City antara Pemko Langsa yang dilakukan oleh Sekda Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid dengan Kepala Diskominfo & Persandian Aceh, Marwan Nusuf, B.HSc.

Turut hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf, B. HSc, MA, Para Kepala OPD dalam Wilayah Pemko Langsa,Para Camat Dalam Lingkungan Pemko Langsa,Para Peserta Focus Group Discussion (FGD) Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Kota Langsa,dan Para Tamu Undangan Lainnya.(*).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan