Wakil Walikota Langsa Hadiri Rapat Senat Terbuka Unsam

LANGSA – Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid MM., berikan sambutan pada Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana Strata Satu (S.1) dan Magister (S.2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di Gedung Laboratorium Terpadu IAIN Langsa, Kamis 17/6/21.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi dirinya dapat berbicara dihadapan para wisudawan dan wisudawati serta anggota senat dan Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim MA.

Wakil Walikota menuturkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci kemajuan Indonesia di masa akan datang terutama di Aceh dan Kota Langsa khusunya. “SDM unggul memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya,” katanya.

 

 

 

Namun, kata dia lagi, yang menjadi pertanyaan mendasar yang muncul adalah jika ada tuntutan membangun SDM unggul Indonesia, maka itu mencerminkan bahwa kondisi SDM Indonesia saat ini boleh dikatakan dalam tanda petik “belum unggul”.

Tahun 2019 lalu, sambung dia, di bulan Oktober, World Economic Forum mempublikasi The Global Competitiveness Report. Dalam laporan tersebut, peringkat daya saing global Indonesia turun dari posisi 45 di tahun 2018 menjadi rangking 50 di tahun 2019. “Dan yang cukup mengejutkan adalah, negara tetangga terdekat kita, Singapura menduduki posisi 1 menyalip Amerika Serikat,” terangnya.

Dikatakannya lagi, dalam membangun SDM unggul, perguruan tinggi tampil di garda terdepan. Perguruan tinggi adalah institusi yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter yang mampu bersaing di tingkat global tentrunya perguruang tinggi tidak bisa berjalan sendiri butuh sinergisitas untuk mencapai tujuan mulia tersebut.

“Sinergisitas ini bisa dibangun dengan menjalin Kerjasama dengan berbagai Lembaga serta eleman masyarakat yang bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan perguruang tinggi. Asa ini yang saya rasa menjadi salah satu tujuan dari Merdeka Belajar yang di gagas kementerian pendidikan, sehingga akselerasi pembangunan SDM akan lebih bisa di pacu,” kata Marzuki Hamid.[]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan