Wakil Walikota Langsa Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Irigasi Batee Puteh

LANGSA – Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM didampingi Kadis DLH Ridwanullah S.STP, MSP dan masyarakat setempat melakukan aksi gotong bersama di Gampong Batee Puteh kec. Langsa Lama, Sabtu 26/6/21.

Kegiatan gotong royong bersama ini membersihkan saluran irigasi sepanjang 500 meter di area persawahan Gampong Batee Puteh.

Marzuki Hamid menuturkan dengan adanya gotong royong dan perbaikan pompa air akan membantu petani di desa tersebut untuk menyuplai air ke tanaman padi mereka karena sumber air memiliki peranan penting bagi usaha tani sawah.

“Kita lihat kondisi sawahnya kering, sementara tanaman padi itu membutuhkan air sehingga diperlukannya gotong royong untuk produktivitas padi di Gampong Batee Puteh,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap pemerintah gampong dan kelompok tani melakukan pengawasan terhadap saluran irigasi serta pemeliharaan mesin pompa.

Sementara Keujreun Blang, Batee Puteh, Rusli (55) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Walikota Langsa dengan melakukan aksi gotong royong bersama warga setempat.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Marzuki Hamid turun bersama masyarakat bergotong royong membersihkan irigasi untuk kebutuhan petani karena saat ini tanaman padi dalam kondisi kering,” ujar Rusli.

Setelah mesin pompa normal kembali, tambah Rusli, maka petani sawah akan diuntungkan. Pasalnya, jika suplai air cukup maka petani bisa menanam padi setahun dua kali.

“Pertama dibangun saluran irigasi yang dilengkapi dengan mesin pompa maka setahun bisa dua kali tanam padi tapi kalau tidak sumber air hanya tadah hujan setahun cuma sekali, itupun banyak yang gagal panen, namun dengan adanya perhatian pemerintah seperti ini petani dapat memanfaatkan lahan sawah mereka dengan maksimal tidak terbengkalai,” ungkap Rusli Keujreun Blang.[]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan