Wakil Wali Kota Langsa Buka Acara Sosialisasi Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti

LANGSA – Wakil Wali Kota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM membuka acara sekaligus menjadi narasumber sosialisasi Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti (SWBB), diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Senin ( 26/7/21).

Marzuki Hamid dalamnya sambutannya menyampaikan bahwa gerakan Pramuka adalah organisasi Pendidikan baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah bertujuan membentuk karakter serta keterampilan bagi anggotanya sebagai kader pembangunan yang bermoral Pancasila dan berperan serta dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara.

“Pendidikan dalam pendidikan gerakan Pramuka merupakan suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat yang sasarannya menjadikan generasi muda yang lebih mandiri, peduli, bertanggungjawab dan berpegang teguh pada agama, nilai dan norma masyarakat,” sebut Wakil Wali Kota.

Sementara itu, lanjutnya, menanamkan nilai-nilai pendidikan masyarakat dan budaya bangsa melalui pendidikan kepramukaan akan membantu percepatan proses kesadaran, kemampuan, kemauan masyarakat untuk berprilaku hidup berdasarkan karakter dan budaya bangsa.

Sebagai wadah kegiatan khusus dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dilingkungan gerakan Pramuka, perlu dibentuk satuan karya Pramuka (SAKA) yang merupakan organisasi pendukung gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan dan pembinaan dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka penegak dan pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.

“Sesuai fungsinya, SAKA juga memotivasi para anggotanya untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif, sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Marzuki Hamid yang juga menjabat ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Langsa.

Sementara Suhartini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa sekaligus ketua Mabisaka (Saka Widya Budaya Bakti) dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Saka Widya Budaya Bakti ini diikuti dari beberapa Krida diantaranya Krida Bina Nilai Budaya, Krida Anak Usia Dini, Krida Bina Sejarah, Krida Bina Cagar Budaya da Museum dan Krida Pendidikan Kecakapan Hidup.

“Jumlah peserta lebih kurang 100 orang terdiri dari Penegak dan Pandega. SWBB ini akan berlangsung dari tanggal 26 s.d 27 Juli 2021 dengan menerapkan dan mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat,” jelas Suhartini.

Dia menambahkan tema kegiatan adalah tumbuhkan karakter kebangsaan yang berbasis kebudayaan. Saka Widya Budaya Bakti yang merupakan sarana dan wahasa dan wahana guna memupuk, mengembangkan, membina dan mengarahkan minat dan bakat generasi muda terhadap peran pendidikan dan masyarakat dalam pelestarian budaya bangsa.

“Diharapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini agar tertib sampai dengan selesai,” tutup Kadisdikbud kota Langsa.(*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan