Tim Dekranasda Aceh Kunjungi Gampong Cinta Raja Kota Langsa

Langsa – Tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Aceh melakukan peninjauan, pembinaan dan penilaian gampong kerajinan anyaman tikar pandan di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa, Rabu (28 /7/2021 ) siang.

Kedatangan tim penilai disambut oleh Wakil Ketua Dekranasda Kota Langsa Nurhanifah Yatim dan pengurus Dekranasda Kota Langsa, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Langsa, Cut Syafrida, Unsur DPRK Langsa, Camat Langsa Timur, Hendri Soenandar, S.STP, M.Si, Kapolsek Langsa Timur, Danramil Langsa Timur, dan Geuchik Cinta Raja beserta Masyarakat pengrajin Kerajinan anyaman tikar pandan Gampong Cinta Raja.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Langsa, Nurhanifah Yatim dalam sambutannya mengatakan selamat datang kepada Tim Dekranasda Provinsi Aceh.

” Saya mengucapkan Selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak -bapak dan Ibu- Ibu Tim Dekranasda Provinsi Aceh yang pada hari ini telah tiba di Kota Langsa dalam rangka kunjungan pembinaan dan penilaian bagi desa kerajinan di Gampong Cinta Raja ini. dan juga kepada Para pengrajin anyaman tikar pandan masyarakat Gampong Cinta Raja yang sudah berhadir di sini” kata Nurhanifah.

” Mudah – mudahan dengan terpilihnya Gampong Cinta Raja ini,dapat kami bina selama lima tahun ke depan dan saya berharap supaya ada peningkatan di setiap tahun. Kami bersama Pemerintah Kota Langsa melalu Disperindagkop dan UKM Kota Langsa akan terus melakukan pembinaan dan secara rutin akan melakukan pelatihan – pelatihan untuk meningkatkan kualitas para pengrajin di Gampong Cinta Raja”

” Kami berharap Tim Dekranasda Aceh dapat terus membina kegiatan kegiatan pengrajin kami di Kota Langsa khususnya di Gampong Cinta Raja.mungkin selama ini, kegiatan Pengrajin Gampong Cinta Raja hanya berfokus pada kerajinan anyaman tikar pandan saja, namun dalam beberapa bulan terakhir ini, kami sudah melakukan pembinaan dan pelatihan – pelatihan kepada 30 orang pengrajin guna meningkatkan kualitas mereka sehingga dapat menghasilkan produk produk hasil kerajinan tangan lainnya.mudah mudahan dengan Komitmen kita bersama dan juga di dukung oleh Tim Dekranasda Provinsi Aceh dapat memajukan Masyarakat Pengrajin di Gampong Cinta Raja” pungkas Nurhanifah.

Sementara itu, Dr.Iskandarsyah Madjid ,Ketua Tim Penilai Dekranasda Provinsi Aceh mengatakan tujuan tim dekranasda Aceh ke Kota Langsa adalah dalam rangka membina dan menilai Gampong Cinta Raja.Ia berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan karena dapat berdampak positif tehadap perekonomian masyarakat khususnya perekonomian Masyarakat Gampong Cinta Raja dan Perekonomian Kota Langsa.

” Setiap tahun Pemerintah Aceh terus melakukan pembinaan dan penilaian ke daerah – daerah .hal ini bertujuan untuk memotivasi dan membina para pengrajin agar tetap semangat terus mengembangkan bakatnya.
Adapun tujuan kunjungan ini untuk melihat langsung hasil karya para pengrajin sekaligus memberikan pembinaan dan motivasi.Saya berharap kegiatan ini dapat terus tumbuh dan terus dikembangkan sehingga masyarakat di desa – desa dapat menikmati hasilnya apalagi di masa pandemi Covid 19 ini tentunya hal ini dapat membantu perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap kepada para pengrajin untuk dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik- baiknya dan kami tim dekranasda aceh maupun tim dekranasda Kota Langsa siap membantu dan membina dalam rangka meningkatkan kualitas kerajinan yang ada di Gampong Cinta Raja ini” tutup Iskandar.(*)


 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan