TP PKK Kota Langsa Peringati HKG PKK Kota Langsa Ke 49 Tahun 2021

Langsa- Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Langsa memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 49 tahun 2021, bertempat di Aula Cakra Donya Kota Langsa, Selasa (3/8/2021).

Acara yang dibuka oleh Sekda Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid dihadiri  oleh Ketua TP PKK Kota Langsa, Ny.Nadia Anwar beserta Para Pengurus PKK Kota Langsa, Ketua Bhayangkari Cabang Langsa, Ny. Ayu Agung beserta pengurus Bhayangkari Cabang Langsa, Ketua Persit KCK XXI Dim 0104 Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda, Ny. Hasanul Arifin Siregar, beserta Pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Langsa, Cut Syafrida, beserta Pengurus, Para Kepala OPD dan Camat dalam Wilayah Kota Langsa dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Sekda mewakili Pemerintah Kota Langsa beserta Segenap Jajaran mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke – 49 Tahun 2021 Kota Langsa.

” Selamat memperingati HKG PKK ke – 49 dan juga apresiasi yang tinggi saya ucapkan Kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Langsa Ibu Nadia Anwar beserta seluruh anggota PKK yang telah bekerja keras dan meluangkan banyak waktunya untuk mengurus dan membina PKK Kota Langsa” tutur said.

Sekda menambahkan PKK sebagai lembaga kemasyarakatan dan mitra Pemerintah baik ditingkat kota, kecamatan, dan gampong untuk dapat bersinergi satu sama lain dan secara optimal melakukan percepatan pencapaian visi dan misi PKK.

“Percepatan ini dilaksanakan dengan sesegera mungkin melalui sekretariat dan masing-masing POKJA. Percepatan dalam melaksanakan capaian 10 program pokok PKK ini dilaksanakan dengan menjalin kemitraan pada sejumlah pihak termasuk pemerintahan kecamatan, Gampong dan juga kepada instansi vertikal serta sejumlah lembaga sosial kemasyarakatan lainnya” imbuh sekda.

Sekda berharap PKK Kota Langsa dapat memperluas dan meningkatkan jaringan kerja dengan seluruh pihak termasuk pihak swasta.

“Dan yang tak kalah pentingnya hendaknya seluruh kegiatan ini terus dilakukan analisa mendalam, dimonitor dan dievaluasi secara berkala. Tahapan inilah yang nantinya akan menyempurnakan dan mendukung suksesnya upaya percepatan.PKK kiranya dapat melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan menciptakan iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang dimana hal ini dapat dicapai dengan memperkuat potensi atau daya masing-masing daerah ditiap kecamatan maupun gampong”pungkasnya.

Ketua TP PKK Kota Langsa, Ny. Nadia Anwar dalam sambutannya membacakan sambutan dari Ketua Umum PKK Pusat, Ny.Tri Tito Karnavian menyebutkan bahwa HKG PKK merupakan momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 program pokok PKK yang dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Tujuan dilaksanakannya acara HKG PKK ini adalah untuk mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan Lingkungan hidup. Karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat sehingga apabila keluarga- keluarga di Indonesia dapat kita berdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya,berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan.

Ketua TP PKK Kota Langsa juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Langsa selaku Dewan Pembina TP PKK Kota Langsa beserta Kepala OPD, Para Camat dalam wilayah Kota Langsa dan Unsur terkait lainnya yang telah menjadi mitra kerja tim TP PKK Kota Langsa sehingga Anggota dan Kader PKK dapat melaksanakan 10 Program PKK sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh Masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kota Langsa, Nurhanifah Yatim dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya peringatan HKG PKK Ke 49 Tahun 2021 Kota Langsa adalah untuk memasyarakatkan Program PKK kepada Masyarakat dengan Prinsip dari dan Untuk Masyarakat, kemudian untuk meningkatkan pemahaman dari segenap jajaran tim PKK Kota Langsa beserta masyarakat tentang tujuan dan Program PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,serta meningkatkan motivasi dan kesadaran kader serta masyarakat agar lebih mengetahui dan aktif dan terus mendukung kegiatan PKK dalam wilayah Kota Langsa.

Ditambahkannya bahwa dalam rangka peringatan HKG PKK ke 49 tersebut, juga telah dilaksanakan kegiatan kegiatan seperti Lomba ranking 1, lomba pesan berantai dan lomba bermain peran yang diikuti oleh 40 orang anggota PKK seluruh Kecamatan di Wilayah Kota Langsa,dan juga kegiatan bakti sosial berupa santunan kepada 15 orang anak yatim pada hari ini” tutup Nurhanifah.(*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan