Sekda Kota Langsa menerima kunjungan kerja Sekda Aceh di Kota Langsa

Langsa – Sekretaris Daerah Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid menerima kunjungan kerja SekdaAceh, Dr. Taqwallah, M.Kes, beserta jajarannya dalam rangka evaluasi penyaluran dana desa tahun anggaran 2021 dan pelaksanaan vaksinasi di Kota Langsa

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Cakra Donya, Langsa , Sabtu (6/11/2021) dan dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Langsa , para Kepala OPD dalam Wilayah Kota Langsa , Para Camat serta seluruh Geuchik dan Kepala Puskesmas se Kota Langsa.

Sekda Aceh, Dr. Taqwallah, M
Kes, mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi progres vaksinasi dan penyaluran dana desa di daerah untuk tahun anggaran 2021 serta melihat persiapan daerah untuk percepatan pencairan dana desa dalam Wilayah Kota Langsa pada tahun 2022 mendatang.

“Pada tahun 2021 ini, Aceh merupakan Provinsi tercepat dalam pencairan dana desa diantara Provinsi lainnya di seluruh Indonesia,
pencairan perdana dilakukan pada bulan Januari lalu” ungkap Sekda Aceh.

Taqwallah menambahkan ia mewakili Pemerintah Aceh berharap pada tahun 2022 mendatang, Kabupaten/kota di seluruh Aceh dapat segera menyiapkan segala tahapan yang diperlukan agar penyaluran dana desa tahap pertama juga bisa dilaksanakan pada Bulan Januari sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid 19.

Sekda meyakini, dengan tekad dan keseriusan para aparatur gampong, Dana Desa dapat cair ke kas gampong sebelum 10 Januari 2022

“Jika Tahun 2021, Dana Desa sukses dicairkan pada bulan Maret, maka saya minta untuk tahun 2022 Dana Desa harus bisa cair di bulan Februari” ujar Taqwallah.

Kemudian, terkait evaluasi pelaksanaan Vaksinasi di Kota Langsa, Taqwallah mengingatkan kepada para Geuchiek di Kota Langsa untuk terus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat agar target capaian vaksinasi bisa tercapai tepat waktu.

” Oleh karena itu saya minta kepada seluruh stakeholder di lingkup Pemko Langsa mulai dari aparatur desa hingga intansi Pemerintahan tingkat Kecamatan dan Kota agar dapat memantau progres vaksinasi di wilayahnya masing-masing guna menjamin pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat” ujar Taqwallah

Sementara itu Sekda Kota Langsa , Ir. Said Mahdum Majid dalam sambutannya mengatakan sesuai arahan dari Bapak Gubernur Aceh penggunaan Dana Desa di Kota Langsa Tahun Anggaran 2021 diatur dan diurus oleh desa, berdasarkan kewenangan desa dengan fokus untuk program atau kegiatan percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) desa  melalui beberapa program wajib, termasuk pembentukan pengembangan dan revitalisasi Bumdes.

“Pemerintah Kota Langsa berupaya agar pencapaian 18 butir SDGs dapat dipacu hal ini karena kita paham imbas dari pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan oleh masyarakat sehingga pemberdayaan masyarakat melalui program SDGs merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan” kata Sekda Kota Langsa.

” Kami terus mengingatkan para Geuchik untuk dikelola dengan baik, transparan, akuntabel dan papan grafis harus terpasang semua, sehingga semua masyarakat paham dan ikut merasakan mamfaat dari dana desa” ujar Said Mahdum

Menegenai Evaluasi Capaian Vaksinasi di Kota Langsa, Said Mahdum menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi adalah bentuk tanggung jawab seorang pemimpin, bentuk rasa sayang untuk melindungi rakyatnya dari paparan Covid-19.” Kami tidak akan bosan-bosannya melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi, sebagai bentuk ikhtiar kami mencegah penularan virus ini dan kita harapkan dari program vaksinasi ini dapat mempercepat kekebalan kelompok sehingga kita dapat Kembali beraktifitas mengerakan roda ekonomi dan pembangunan di Kota Langsa” tutup Said Mahdum.(*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan