Marzuki Hamid Resmikan Gampong Persiapan Lhokbanie Pusong

Langsa – Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM., meresmikan Gampong persiapan Lhokbanie Pusong. Sekaligus mengukuhkan Pj. Geuchik Gampong tersebut, di Mushalla Nurul Huda Relokasi Pusong, Kamis (24/3/22).

Dalam sambutannya, Marzuki Hamid mengatakan bahwa pemekaran Gampong berdasarkan aspirasi dan permintaan masyarakat dusun yang ada di wilayah gampong Lhok banie yang meminta kepada pemerintah kota langsa supaya dusun Islah dan dusun Hijrah di mekarkan menjadi sebuah Gampong.

“Pemerintah Kota Langsa menyambut baik keinginan dan berupaya memenuhi aspirasi masyarakat,” katanya.

Bahwa sebagai upaya awal Pemerintah Kota, sambungnya, dalam mewujudkan Langsa dan aspirassi kebutuhan masyarakat, melanjutkan surat ajuan sebagai awal usulan yang dilakukan sejak Tahun 2013 dengan melengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang ada dan diikuti dengan perubahan persyaratan pemekaran Gampong yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor l tahun 2017 tentang Penataan Desa.

Dikatakan, adapun tahapan awal yang diajukan sebagai alasan atas ajuan pemekaran Gampong diwilayah Kota Langsa dari sebanyak 3 (tiga) Gampong diantaranya adalah Gampong Persiapan Lhok Banie Pusong salah satunya agar masyarakat mendapatkan pelayanan publik dan perencanaan yang maksimal dibidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan serta penanggulangan/pencegahan bencana Covid 19 di wilayah Masyarakat relokasi Gampong Pusong Kecamatan Lamgsa Barat.

Wakil Walikota menjelaskan peresmian Gampong persiapan Lhok Banie Pusong adalah usaha Pemerintah Kota Langsa dalam upaya memekarkan gampong menjadi sebuah gampong baru yang dibentuk atas dasar prakarsa masyarakat dengan memperhatikan asal budaya kondisi sosial istiadat, adat usul masyarakat serta kemampuan dan potensi Gampong yang bertujuan.

Pertama, katanya, untuk meningkatkan kemampuan penyelenggaraan Pemerintahan Gampong secara berdaya guna dan berhasil guna. Kedua, meningkatkan mendekatkan pelayanan dan kepada masyarakat terwujudnya guna percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dan yang ketiga untuk mengevaluasi dan mengakaji kelayakan Gampong persiapan menjadi Gampong definitif sampai nantinya Gampong memiliki Kodefikasi wilayah Gampong.

“Diharapakan kepada pemerintahan Gampong Lhok Banie kecamatan Langsa Barat untuk mendukung sepenuhnya terkait penyelenggaraan pemerintahan Gampong Persiapan untuk menjadi Gampong denfinitif dan mengalokasikan anggarandengan sesuai untuk Gampong persiapan sesuai dengan ketentuan yang ada sebagai implementasi Perwal nomor 51 tahun 2017 tentang pembentukan Gampong persiapan dalam wilayah kota Langsa,” terang Marzuki Hamid.

Kepala DPMG Kota Langsa, Al Azmi S.STP., MAP., Menambahkan tujuan diresmikan Gampong persiapan Gampong Lhok Banie Pusong merupakan upaya mempersiapkan Gampong sebagai Persiapan bahan kajian dan Verifikasi Pemerintah Kota Langsa untuk merekomendasikan kelayakan sebagai Gampong Definitif.

Lebih lanjut, kata dia, menindak lanjut aspirasi masyarakat atau permintaan masyarakat Relokasi Pusong Banie untuk dimekarkan Gmpong Lhok menjadi Gampong perkembangan mendorong.

“Untuk kemajuan Gampong dalam hal peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, Pembanguan dan Pelayanan Publik guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Unsur Forkopimda Kota Langsa, Para Kepala OPD dalam wilayah Pemko Langsa, Unsur Forkopimcam Langsa Barat, Para Geuchik dalam wilayah Kota Langsa serta tamu undangan lainnya(*).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan